Telusuri

7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Wabah Covid-19


Sindrom pernafasan akut parah corona virus 2 (SARS-CoV-2) adalah nama virus yang bertanggung jawab menyebabkan munculnya Corona Cirus  Disease (Covid)-19. Hingga Rabu (8/4), virus ini telah mempengaruhi 1.282.931 orang di 211 negara dan menyebabkan  75.945 kematian.
Dilansir dari laman Boldsky, virus Corona diselubungi virus RNA indera positif yang berdiameter mulai dari 60 nm hingga 140 nm. Ia memiliki tonjolan seperti lonjakan di permukaannya, yang membuatnya seperti mahkota di bawah mikroskop elektron, yang merupakan alasan ia dinamai virus Corona.
Sejak wabah ini muncul pada akhir Desember 2019, ada banyak hal yang dikatakan tentang virus yang kebanyakan orang tidak sadari. Kami memecahkan kode itu di sini. Setidaknya ada tujuh hal yang harus Anda ketahui tentang virus Corona.
1. Covid-19 telah dinyatakan pandemi. 
Pada 11 Maret, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi label pada virus Corona novel sebagai penyakit pandemi, yang mengindikasikan bahwa virus itu sekarang menjadi fenomena di seluruh dunia. Ini berarti bahwa penyakit akibar virus Corona dapat menyebar dan mempengaruhi banyak orang karena sifatnya yang cepat menular.

2. Penelitian seputar virus Corona masih terus berkembang. 
Virus Corona menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang menyebabkan gejala ringan hingga parah yang dapat memengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur. Sangat parah pada orang lanjut usia dan orang-orang dengan kondisi kesehatan mendasar, seperti kanker, jantung, paru-paru, ginjal, dan diabetes. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa virus ini menular dari orang ke orang melalui batuk atau bersin, dan juga dapat menular melalui cairan tubuh seperti air liur, darah, dan tinja. Orang-orang yang menunjukkan gejala-gejala seperti demam, batuk, kelelahan dan sakit tenggorokan, antara lain diminta untuk mengisolasi diri mereka sendiri dan menjalani tes mereka untuk Covid-19. Segera, laporan penelitian muncul bahwa infeksi virus Corona dapat ditularkan dari orang tanpa gejala dan orang yang tidak bergejala. Segera, para ilmuwan mendeteksi bahwa virus Corona novel dapat bertahan hingga tiga jam dalam aerosol, hingga empat jam pada tembaga, serta dua hingga tiga hari pada plastik dan stainless steel dan hingga 24 jam pada kardus. 
Baru-baru ini, para ilmuwan Australia mengungkapkan bahwa obat anti-parasit ivermectin memiliki kemampuan ampuh untuk melawan virus Corona. Namun, uji klinis lebih lanjut diperlukan untuk dapat digunakan sebagai obat pada manusia.
 
3. Vaksin virus Corona yang didanai oleh Bill Gates akan mulai diuji pada manusia. 
Perusahaan biotek Pennsylvania bernama Inovio Pharmaceuticals berencana untuk mulai menyuntikkan sukarelawan sehat dengan vaksin virus Corona potensial yang dikembangkan oleh mereka. Upaya mereka menerima dana dari Yayasan Bill dan Melinda Gates serta Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah menerima kandidat vaksin DNA perusahaan INO-4800 yang telah dirancang untuk mencegah Covid-19, membuka jalan bagi percobaan manusia di AS mulai minggu ini. 

4. Para ahli mengambil langkah yang diperlukan untuk mengatasi Covid-19. 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan WHO telah mengeluarkan pedoman untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi infeksi Covid-19. Karena penularan komunitas telah dimulai di sebagian besar Negara. Para ahli layanan kesehatan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus secara tidak terkendali. Pusat perawatan Covid-19 telah didirikan untuk mengobati kasus ringan atau sangat ringan atau bahkan dugaan kasus Covid-19. Pusat perawatan ini meliputi hotel, hostel, sekolah, pondok, stadion, dll, dapat bersifat publik dan pribadi.
 
5. Negara-negara melakukan yang terbaik untuk melindungi warganya.
Negara-negara di seluruh dunia mendeteksi, mengisolasi, menguji, merawat, dan melacak warga mereka untuk mencegah penahanan di seluruh komunitas. Kota-kota telah dikunci dan pertemuan besar telah dilarang, acara olahraga besar dan karnaval telah ditunda atau dibatalkan untuk menghentikan penyebaran virus.

6. Jika Anda sakit, apa yang harus Anda lakukan?
Jika Anda telah mengalami gejala seperti demam, batuk dan kesulitan bernafas yang biasanya muncul antara 2 hingga 14 hari setelah terpapar virus, Anda harus segera menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk perawatan yang lebih cepat.

7. Langkah-langkah untuk melindungi diri. 
WHO menekankan fakta bahwa jika Anda belum pernah bepergian ke negara yang terinfeksi Covid-19 atau belum pernah berhubungan dengan pasien virus Corona yang terinfeksi, risiko Anda terinfeksi adalah rendah. Namun demikian, penting untuk menjaga diri Anda dan orang lain terlindungi. Setiap orang harus mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, menjaga jarak enam kaki dari siapa pun yang batuk atau bersin, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut setelah menyentuh permukaan apa pun, bersihkan permukaan yang disentuh secara teratur, dan hindari dari dekat kontak dengan orang. (*)


Posting Komentar

0 Komentar