Telusuri

Bakso Pak Sabar Bikin Gak Sabar


Saya mengenal Bakso Pak Sabar (BPS) sudah sangat lama. Tepatnya sejak kuliah, tahun 1994n Kebetulan di samping kanan Kampus B Universitas Airlanga (Unair) di Jalan Airlangga, di sisi timurnya ada warung BPS. Lokasinya ikut Jalan Karang Menjangan. Kalau dari timur Unair, jalan ke warungnya tak sampai 50 menit. Mungkin hanya seratusan langkah kaki saja. Di samping warung BPS, juga ada warung gado-gado. Rasanya juga tak kalah sedap walaupun yang jualan taka da hubungan kekerabatan.
Tapi, setelah lulus, saya tak pernah ke sana lagi. Saya lebih suka BPS yang di Jalan Manyar. Yang di sampingnya Indomaret. Yang lokasinya tak jauh dari kampus STTS.
BPS ini masuk kategori bakso dengan kuah bening. Saing beningnya, sampek kinclong. Tapi, jangan lantas menganggapnya tidak enak karena kurang bumbu. Justru kuah beningnya itu muncul saking bumbunya yang meresap. Kuah bening juga membuat mulut kita gak merasa ngendal jika habs mengonsumsinya.
Itu ciri pertama BPS. Ciri kedua, ada goirengan kecil-kecil. Jangan kaget kalua makan gorengan itu akan muncul bunyi klethak ketiga si gorengan pecah. Bunyi itu muncul karena saing kerasnya si gorengan. Tapi, justru gorengan itulah yang membuat bakso ini semakin ngangeni dan beda dari yang lainnya.
Ketiga, BPS gak terlalu banyak varian. Setiap mangkok hanya berisi pentol kasar kecil, pentol alus kecil dan pentol kasar besar. Ples gorengan, sun, taburan seledri dan bawang goreng. Udah itu aja. Jangan beharap nemu tahu, siomai, mi kuning atau kobis, apalagi tetelan. Gak akan nemu. Keempat yang juga gak kalah entingnya adalah soal harga. Harganya nggak bikin sesat di kantong. Malah menurut saya cenderung murah jika dibandingkan dengan kualitasnya. Semangkuk Rp 14 ribu. Kalau untuk ukuran perempuan, satu mangkuk sudah sangat membuat kenyang. Tapi, kalua untuk cowok, ya tambah setengan porsi lag lah. Atau dimakan pakai nasi dan lontong (mereka menyediakan), trus nambah kuah (gratis). So, gak perlu bawa duit banyak kalua ingin andok di BPS. Berdua, cukup bawa Rp 50 ribu sudah termasuk biaya parkir dan pulang mbungkus gorengan sak plastik. Gak percaya? Cepat buktikan sendiri. (*) 

Bakso Pak Sabar Jalan Raya Manyar Surabaya 
Buka mulai pukul 10.00 hingga habis

Posting Komentar

0 Komentar